Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Haji Diperkirakan Naik

Kompas.com - 13/03/2012, 03:37 WIB

Jakarta, Kompas - Menteri Agama Suryadharma Ali memprediksi biaya ibadah haji tahun ini akan naik. Pertimbangannya, ada kenaikan sejumlah komponen yang turut menentukan biaya haji. Pihaknya belum bisa memastikan berapa kenaikan biaya haji itu.

”Masih dalam pembahasan, tetapi tanda-tanda kenaikan itu ada,” kata Suryadharma, Senin (12/3), seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia.

Suryadharma mengatakan, tanda-tanda kenaikan itu antara lain pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika serikat. Jika pada 2011 nilai tukar rupiah berkisar Rp 8.200-Rp 8.300 per dollar AS, pada 2012 mencapai Rp 9.000 per dollar AS.

Ada juga kenaikan harga minyak mentah dunia yang kini 120 dollar AS per barrel. Tahun lalu harganya 67-80 dollar AS.

Biaya penerbangan dari Tanah Air ke Arab Saudi dan sebaliknya kemungkinan naik. ”Seminggu lalu saya baca di koran, Pak Mangindaan (Menteri Perhubungan) bilang, ongkos tiket haji 2.200 dollar AS. Tahun lalu sekitar 1.800 dollar AS,” katanya.

Biaya haji tahun 2011 rata-rata Rp 30,771 juta, menurun dari tahun sebelumnya yang rata-rata Rp 31 juta. Penurunan ini dipengaruhi perubahan nilai tukar rupiah yang semula Rp 9.300 per dollar AS menjadi Rp 8.700 per dollar AS.

Sejumlah kalangan berharap pemerintah lebih mengefisienkan sejumlah komponen biaya haji sehingga kenaikan biaya haji tahun ini dapat dihindari.

”Pada 2011, ada bunga sekitar Rp 1,5 triliun yang bisa digunakan untuk membantu biaya haji,” kata pemerhati haji dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Abdul Ghofur.(why/iam)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com