Cadangan Devisa 112,2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 08/03/2012, 16:24 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cadangan devisa sampai dengan akhir Februari 2012 mencapai 112,2 miliar dolar AS, atau setara dengan 6,3 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Jumlah cadangan devisa itu meningkat dibandingkan posisi akhir Januari yang mencapai 112 miliar dollar AS, atau setara dengan 6,2 bulan impor dan pembayaran uang luar negeri pemerintah.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia, Difi Ahmad Johansyah, mengutip hasil rapat dewan gubernur BI, Kamis (8/3/2012), mengemukakan, neraca pembayaran indonesia (NPI) pada triwulan I-2012 akan mencatat surplus yang lebih kecil. Hal ini sejalan dengan defisit transaksi berjalan pada triwulan I-2012 yang diperkirakan membesar.

Membesarnya defisit transaksi berjalan seiring melambatnya ekspor, di tengah impor yang masih tetap tinggi. Hal ini seiring dengan aktivitas ekonomi domestik yang kuat dan tingginya konsumsi BBM.

"Sementara itu, surplus transaksi modal dan keuangan mengalami penurunan karena arus masuk investasi portofolio yang lebih rendah," kata Difi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.