Menjaga Kulkas Tetap Hemat Energi

Kompas.com - 23/02/2012, 13:58 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga cukup vital untuk menjaga bahan makanan tetap segar dan terlindungi. Alat ini dapat menjaga sayuran tetap hijau, daging tetap segar dan tahan lama, susu tetap layak dikonsumsi dan tidak basi, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Karena suhu di dalam lemari es harus selalu dijaga, energi listrik yang dikonsumsi pun tidak sedikit. Dengan memperhatikan beberapa hal, energi listrik yang terpakai dapat dihemat walaupun lemari es jarang sekali dimatikan. Beberapa hal perlu diperhatikan dalam menjaga lemari es bekerja optimal dan menghemat listrik:

- Jangan membuka pintu kulkas terlalu lama dan memastikan tertutup rapat ketika selesai memasukkan atau mengeluarkan makanan di dalamnya. Dengan demikian, suhu dapat tetap terjaga sesuai pengaturan.

- Aturlah suhu atau temperatur sesuai kebutuhan. Semakin rendah temperatur yang dihasilkan, semakin besar pula energi yang dibutuhkan untuk proses pendinginan.

- Hal lain perlu juga diperhatikan adalah kapasitas lemari es. Gunakan lemari sesuai dengan kebutuhan. Jangan masukkan makanan melebihi kapasitas, karena selain mencemari bahan makanan lain, juga berakibat tidak optimalnya proses pendinginan.

- Usahakan menempatkan lemari es di tempat ideal. Penempatan posisi lemari es terlalu dekat dengan dinding, terlebih di tempat yang sempit, akan berdampak kerja mesin semakin berat.

- Hindari pula meletakkan lemari es di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Hal ini dapat merusak komponen di dalamnya.

- Memasukkan makanan atau minuman yang terlalu panas pun dapat berdampak terhadap konsumsi energi listrik pada lemari es.

- Jangan lupa, bersihkan bagian lemari es secara teratur agar kerja mesin tetap optimal. Debu dan kotoran yang menyumbat saluran pembuangan dan saluran udara dapat berakibat mesin bekerja lebih keras dan memicu kerusakan.

- Periksa juga karet yang menempel pada pintu. Sekat karet yang mengendur akan memicu udara luar masuk dan memengaruhi temperatur.

- Bunga es yang terdapat pada freezer pun hendaknya dibersihkan secara teratur.

- Nonaktifkan fitur tambahan jika memang tidak dibutuhkan dan matikan lemari es bila tidak digunakan dalam waktu lama. Namun, jangan lupa untuk melumerkan es yang ada di dalamnya dan bersihkan lemari es terlebih dahulu.

- Terakhir, pilihlah produk lemari es yang ramah lingkungan dan hemat energi. (BYU)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X