Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun, 1.326 Kali Gempa Guncang Bengkulu

Kompas.com - 22/02/2012, 19:17 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Selama tahun 2011 di Provinsi Bengkulu terjadi 1.326 gempa lokal. Jumlah itu belum termasuk 529 gempa tele yang jaraknya jauh. Namun, sebagian besar gempa itu tidak dirasakan oleh manusia karena getarannya yang kecil.

Hal itu disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu Dadang Permana, Rabu (22/2/2012).

Dadang mengatakan, Provinsi Bengkulu merupakan daerah di pesisir Barat Sumatera yang rawan bencana gempa dan tsunami, bersama Lampung, Sumatera Barat, dan Nanggroe Aceh Darusslaam.

"Sumber gempa di Bengkulu berasal dari pertemuan Lempeng Indo-Australia dan Eurasia di pesisir barat Sumatera. Selain itu, patahan Sumatera yang membentang dari Kabupaten Lebong-Kabupaten Rejang Lebong-Kepahiang-Kabupaten Pagar Alam, Sumatera Selatan, juga menjadi sumber gempa di Bengkulu," kata Dadang.

Adapun selama Januari 2012, di Bengkulu terjadi 113 kali gempa lokal dan 45 kali gempa tele. Sebagian besar gempa disebabkan oleh tumbukan antarlempeng benua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com