PKS Pertimbangkan Koalisi Partai Islam

Kompas.com - 10/02/2012, 12:29 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendaftaran calon Gubernur DKI Jakarta dari partai politik untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012 tinggal satu bulan lagi. Namun, baru satu partai yang sudah menentukan calon untuk diusung ke pilkada nanti, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Kami sudah menentukan calon dan sudah disepakati oleh semua anggota partai," kata Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta, Selamat Nurdin, di Jakarta, Jumat (10/2/2012).

Meski secara perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta PKS dapat berdiri sendiri, pihaknya tetap berniat melakukan koalisi dengan partai-partai lain. Kendati demikian, ia masih merahasiakan partai mana saja yang tengah didekati oleh partai yang berbasiskan Islam ini.

Ketika dikonfirmasi mengenai rencana berkoalisi dengan partai-partai Islam lainnya, Selamat merespons positif hal tersebut dan mengatakan bahwa rencana itu dapat menjadi pilihan bagi pihaknya untuk strategi Pilkada 2012 ini.

"Itu bisa saja diambil. Selama memang ke arah yang lebih baik, kami pasti akan ikuti," ujar Selamat. Beberapa partai Islam di dalam parlemen yang rencananya akan bergabung adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PKS, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.