Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabinet Taiwan Harus Tetapkan Indeks Kebahagiaan

Kompas.com - 09/02/2012, 17:45 WIB
Anastasia Joice

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com- Kabinet baru Taiwan telah dilantik pada (6/2/2012) lalu. Pemerintah mengemukakan kebijakan baru.

Presiden Ma Ying Jeou mengumumkan kabinet baru dalam satu tahun harus menetapkan langkah langkah khusus terhadap indeks kebahagiaan nasional, dan setiap tahunnya secara berkala mengumumkan laporan indeks kebahagiaan.

Ketua Eksekutif Yuan Joan Chen mengumumkan akan mempromosikan kemakmuran ekonomi rakyat untuk menciptakan kepuasan dalam kehidupan masyarakat.

Demikian siaran pers dari Kantor Perdagangan Taiwan di Jakarta, Kamis (9/2/2012).

Presiden Ma Ying Jeou pada acara konferensi pers bersama mantan Perdana Menteri Wu Den Yih dan Perdana Menteri yang baru Joan Chen mengatakan, tugas kabinet baru tidak sama seperti di masa lalu, rekonstruksi pekerjaan pascabencana dan pencegahan epidemi telah berakhir, tetapi masalah ekonomi tak pernah selesai.

"Satu detik pun sangatlah berharga, kabinet baru harus segera bekerja. Kami mengharapkan suatu kabinet yang dapat memberikan kenyamanan, sehingga rakyat merasa nyaman dan tenteram," kata Ma.

Berbeda dengan masa lalu yang hanya mengejar target pertumbuhan ekonomi tinggi, Joan Chen mengutip sejarah "Wu Yue Chun Qiu", mengusulkan konsep rakyat sejahtera maka negara menjadi kuat.

Menurut Wu, sejahtera tidak hanya dinilai dari moneter, tetapi harus lebih mengutamakan kualitas hidup dan standar budaya, dan telah meminta badan pengawas keuangan Eksekutif Yuan membuat perencanaan untuk mewujudkan konsep tersebut.

Joan Chen sangat berterima kasih kepada Wu Den Yih yang telah meletakkan dasar yang baik. Menurut Chen, terus bekerja keras di bahu raksasa merupakan suatu keuntungan, tetapi dorongan dalam bayangan raksasa juga sangat penting.

Di saat penyerahan jabatan Perdana Menteri kepada Joan Chen,Wu Den Yih berpesan ini merupakan beban berat yang harus dipikul oleh Chen. Joan Chen menuturkan, di atas dasar stabilitas membangun ekonomi, untuk mencapai tujuan rakyat sejahtera negara kuat.

Dia menjelaskan arti rakyat sejahtera negara kuat tidak sama dengan arti negara kuat rakyat sejahtera pada zaman dahulu, karena bila rakyat sejahtera negara tentu akan menjadi kuat.

Joan Chen mengatakan, ia jarang menggunakan slogan, tetapi dalam proses konsultasi dengan kabinet, didalam pikiran terus menerus muncul pandangan atas dasar stabilitas menciptakan kemakmuran dan pertumbuhan berkelanjutan.Pemilu adalah tanggung jawab awal, setelah serah terima jabatan langsung digelar rapat kabinet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com