Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Relokasi Warga Bantaran Ciliwung Butuh Rp 6 Triliun

Kompas.com - 09/02/2012, 16:45 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam program penanganan banjir Jakarta Urgent Flood Mitigation Project (JUFMP), akan dibangun rumah susun sewa (rusunawa) di kawasan Berlan, Matraman, Jakarta Timur untuk warga bantaran Kali Ciliwung yang terkena relokasi.

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra), Agung Laksono, mengatakan untuk pengadaan tanah, pengalihan aset serta persiapan penyusunan bangunan segmen pertama proyek ini akan diberikan waktu selama enam bulan ke depan. Alokasi dana untuk segmen pertama proyek ini termasuk pembangunan rusunawa adalah sebesar Rp 5 triliun sampai Rp 6 triliun.

"Ini merupakan bagian dari upaya membantu masyarakat menurunkan angka kemiskinan," tutur Agung di Balaikota, Jakarta, Kamis (9/2/2012).

Segmen pertama proyek ini, lanjutnya, akan dilakukan di bantaran kali sepanjang Kampung Melayu hingga Manggarai. Sekitar 1.185 bangunan akan direlokasi dari situ dengan jumlah penduduk kurang lebih 10.000 jiwa. Untuk itu, pembangunan rusunawa seluas 20 hektar di Berlan, Jakarta Timur ini segera dilakukan tahun ini.

"Kami berharap ini dapat berjalan dan berlanjut dengan baik dan tidak ada permasalahan," tutur Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com