Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Magelang Rayakan HPN dengan Jamasan Alat Kerja

Kompas.com - 08/02/2012, 17:16 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Rabu (8/2/2012) sore, puluhan wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Magelang (FJM) memeringati hari pers nasional (HPN) dengan menggelar ritual jamasan alat-alat kerja berupa kamera, kartu pers, dan tape perekam. Ritual jamasan yang dimaksud adalah acara doa, pemberkatan alat-alat kerja ala tradisi Jawa.

Ketua FJM, Mukhtar Lutfi, mengatakan, jamasan ini dilakukan agar dengan alat-alat kerja ini, wartawan dapat bekerja semakin baik dan pofesional.

Semoga pekerjaan yang kami lakukan di hari-hari mendatang, dapat membawa kebaikan untuk diri sendiri, lingkungan sekitar, serta bangsa dan negara, ujarnya, Rabu sore. Jamasan dilakukan di halaman Hotel Pondok Tingal di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ritual ini dilakukan dengan melibatkan para seniman yang tergabung dalam Komunitas Seniman Borobudur Indonesia (KSBI).

Jamasan diawali dengan happening art yang dilakukan seniman KSBI dan para wartawan yang memakai b aju surjan atau baju khas Jawa, yang berjalan beriringan dengan membawa alat-alat kerja yang diletakkan dalam alat penampi beras, di halaman hotel. Setelah itu, Ketua KSBI Umar Chusaeni, memimpin acara doa dan memercikkan air serta bunga tabur ke sekitar alat kerja tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com