Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dirikan WC di Depan Kemendagri

Kompas.com - 06/02/2012, 14:46 WIB
D. Wisnu Widiantoro

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Warga Tanah Merah, Plumpang, Jakarta Utara, membangun WC permanen di depan pintu Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2012). Hal itu dilakukan karena Menteri Dalam Negeri tidak merespon tuntutan warga yang telah melakukan aksi unjukrasa di lokasi tersebut sekitar 1 bulan menuntut pembuatan E-KTP bagi mereka.

"Ini bentuk kemarahan warga karena menteri tidak mau menemui warganya yang berdemonstrasi" ujar Aris Wiyono, salah satu warga tanah merah. WC ini akan tetap didirikan hingga menteri memenuhi tuntutan mereka.

Bukan itu saja, warga Tanah Merah juga berencana untuk membangun rumah-rumah permanen di sepanjang pagar gedung kementerian jika tuntutan mereka tidak diindahkan. Warga Tanah Merah bertekad untuk menjaga bangunan agar tidak dibongkar pihak manapun. "Kami siap berperang untuk menjaga WC tetap berdiri" tambah Aris.

Saat ini sekitar 12.000 kepala keluarga yang terdiri dari 35.000 jiwa menempati lahan di Tanah Merah yang menjadi kawasan pelindung tangki bahan bakar di Plumpang. Tanah tersebut sudah dihuni warga sejak sekitar 30 tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com