Setjen, di mana Letak Penghematan Ruang Banggar?

Kompas.com - 02/02/2012, 22:51 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat diminta menjelaskan ke publik mengenai klaim akan adanya penghematan pengeluaran biaya renovasi ruang Badan Anggaran (Banggar) dengan menukar beberapa barang impor dengan barang lokal.

Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Pius Lustrilanang mengaku tak tahu letak penghematan dari penukaran itu. Pasalnya, kata dia, pihak kontraktor bersedia menukar barang, namun dengan syarat mengenakan biaya pembatalan senilai 15 persen dari harga barang yang ditukar. Barang impor yang akan diganti yakni kursi, lampu, dan sound system. Biaya 15 persen itu, kata Pius, dibebankan ke Setjen DPR.

"Tetapi, Sekjen belum setuju karena menunggu audit BPKP," kata Pius di Komplek DPR, Kamis (2/2/2012 ) malam.

Seperti diketahui, BPKP tengah melakukan penyelidikan terkait proyek renovasi yang menghabiskan dana hingga Rp 20,3 miliar itu. Penyelidikan itu atas permintaan pimpinan DPR.

Pius mengaku tak tahu, apakah pihak kontraktor akan menyerahkan selisih harga antara barang yang lama dengan barang baru kepada Setjen. Pasalnya, kata dia, tidak ada klausul menyebutkan kontraktor akan memberikan selisih harga.

"Nah, itu yang tidak jelas (pengembalian selisih harga). Mudah-mudahan termasuk mengganti uangnya. Kalau dibilang ada penghematan, berarti ada pengembalian sejumlah uang dari nilai barang impor itu dikurangi nilai barang yang dibeli," kata Pius.

Hingga saat ini, penggantian barang-barang itu belum dilakukan. Tak jelas kapan kepastian barang tersebut ditukar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.