Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Puting Beliung, Pelayanan e-KTP Tetap Jalan

Kompas.com - 01/02/2012, 15:02 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sempat diterpa puting beliung beberapa waktu lalu, pelayanan rekam data ulang KTP elektronik (e-KTP) di Kepulauan Seribu tidak terpengaruh sehingga tetap bisa melayani penduduk yang ingin melakukan rekam data ulang untuk keperluan e-KTP.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, Purba Hutapea, mengatakan, tidak ada gangguan pelayanan e-KTP di Kepulauan Seribu meski beberapa waktu lalu puting beliung sempat memporak-porandakan dua kelurahan dan mengakibatkan sebagian besar listrik mati.

"Sampai saat ini tidak ada laporan gangguan pelayanan e-KTP di Kepulauan Seribu. Saya harap tetap berjalan seperti biasa, karena waktunya tinggal sedikit lagi,"  kata Purba.

Dihubungi terpisah, Kepala Suku Dinas Dukcapil Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Lukman, membenarkan bahwa bencana angin puting beliung yang terjadi tidak mengganggu pelaksanaan rekam data e-KTP. Mengingat perangkat alat perekam data e-KTP tidak mengalami kerusakan pasca bencana tersebut.

"Pelayanan e-KTP tetap berjalan seperti biasa. Memang banyak rumah warga yang rusak, tapi kantor kelurahan tidak ada yang rusak, jadi kami masih terus memanggil warga untuk pendataan e-KTP," jelas Lukman.

Untuk masalah sambungan alat, peralatan e-KTP yang berada di Kepulauan Seribu juga tidak mengalami gangguan apapun akibat cuaca ekstrem ini. Hal ini karena peralatan yang digunakan di Kepulauan Seribu khusus menggunakan satelit. "Peralatan melalui jaringan satelit tetap utuh. Jadi cuaca buruk seperti waktu itu tidak jadi masalah," kata Purba Hutapea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com