Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nanan Siap-siap Jadi Cagub Jabar?

Kompas.com - 01/02/2012, 13:22 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Nanan Soekarna disebut tengah mempersiapkan diri untuk mencalonkan dalam bursa calon Gubernur Jawa Barat. Hal itu terungkap ketika rapat kerja antara Komisi III dengan Kepala Polri Jenderal (Pol) Timur Pradopo beserta jajarannya di Komplek DPR, Rabu (1/2/2012).

Anggota Komisi III Trimedya Panjaitan mengatakan, ia mendapat informasi bahwa Nanan tengah mencari dukungan dari berbagai pihak di Jabar. "Pak Wakapolri sudah kumpulkan paskibra, tokoh-tokoh Pasundan karena Pilkada Jabar digelar Februari 2013," kata Trimedya disambut tawa anggota Komisi III dan perwira tinggi Polri.

Menurut Trimedya, jika benar, hal itu adalah hak Nanan. Namun, kata dia, sebaiknya Nanan segera mengundurkan diri dari Kepolisian agar Polri tidak terseret ke ranah politik.

Politisi PDI-P itu memberi contoh sikap Komjen (Purn) Adang Daradjatun yang mengundurkan diri dari Kepolisian ketika mencalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta. Adang masuk ke Partai Keadilan Sejahtera. "Kalau ada niat itu silahkan. Kami di PDI-P ada dua mantan anggota polri, ada dua mantan gubernur. Jadi kita jaga supaya Polri tetap independen," ucap Trimedya.

Nanan belum menjawab pernyataan Trimedya. Hal itu akan dijawab setelah semua anggota Komisi III selesai bertanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com