Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-KTP Jakarta Sudah Mendata 5 Juta Warga

Kompas.com - 01/02/2012, 13:09 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, jumlah penduduk Jakarta yang telah melakukan rekam data ulang untuk KTP elektronik (e-KTP) sudah melampaui angka 5 juta. Dengan kata lain, hampir 70 persen dari jumlah warga Jakarta yang tercatat 7.472.259 warga.

"Sudah sampai 68 persen atau sebanyak 5.081.545 jiwa yang terekam datanya di database Dinas Dukcapil DKI," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Purba Hutapea, di Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Ia menambahkan, pihaknya yakin target penyelesaian rekam data pada bulan April 2012 ini akan terpenuhi. Masih ada 32 persen atau 2.390.714 penduduk yang tersisa untuk dilayani.

"Tambahan waktu rekam data ini tetap membuat kami harus kerja keras. Karena perpanjangan yang diberikan pun sebenarnya masih dibilang sempit," jelas Purba.

Sebelumnya diberitakan, target e-KTP untuk wilayah Jakarta semestinya berakhir pada Desember 2011. Namun target tersebut tidak tercapai lantaran keterlambatan alat yang tiba di kelurahan. Karena itu, Dinas Dukcapil DKI Jakarta meminta perpanjangan waktu pada Kementerian Dalam Negeri dan dikabulkan target mundur hingga April 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com