E-KTP Jakarta Sudah Mendata 5 Juta Warga

Kompas.com - 01/02/2012, 13:09 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, jumlah penduduk Jakarta yang telah melakukan rekam data ulang untuk KTP elektronik (e-KTP) sudah melampaui angka 5 juta. Dengan kata lain, hampir 70 persen dari jumlah warga Jakarta yang tercatat 7.472.259 warga.

"Sudah sampai 68 persen atau sebanyak 5.081.545 jiwa yang terekam datanya di database Dinas Dukcapil DKI," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Purba Hutapea, di Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Ia menambahkan, pihaknya yakin target penyelesaian rekam data pada bulan April 2012 ini akan terpenuhi. Masih ada 32 persen atau 2.390.714 penduduk yang tersisa untuk dilayani.

"Tambahan waktu rekam data ini tetap membuat kami harus kerja keras. Karena perpanjangan yang diberikan pun sebenarnya masih dibilang sempit," jelas Purba.

Sebelumnya diberitakan, target e-KTP untuk wilayah Jakarta semestinya berakhir pada Desember 2011. Namun target tersebut tidak tercapai lantaran keterlambatan alat yang tiba di kelurahan. Karena itu, Dinas Dukcapil DKI Jakarta meminta perpanjangan waktu pada Kementerian Dalam Negeri dan dikabulkan target mundur hingga April 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.