Nenek Rasminah Diminta Kembalikan Piring

Kompas.com - 31/01/2012, 18:50 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

TANGERANG, KOMPAS.com- Selain dinyatakan bersalah mencuri dan dibebani biaya kasasi Rp 2.500, nenek Rasminah (56) juga diharuskan mengembalikan barang bukti kepada majikannya, Siti Aisyah MR Soekarno Putri.

Hukuman itu tercantum dalam salinan putusan kasasi Mahkamah Agung atas kasus pencurian yang didakwakan kepada Rasminah yang sudah diterima Pengadilan Negeri Tangerang, Senin kemarin. Hari ini, Selasa (31/1/2012), salinan putusan itu akan diserahkan kepada pengacara Rasminah.

Pengadilan Negeri Tangerang sudah menerima salinan putusan Mahkamah Agung terhadap nenek Rasminah (56) yang dituduh mencuri satu bungkus buntut sapi, piring, dan gelas di rumah majikannya, Siti Aisyah MR Soekarno Putr.

"Salinan surat sudah masuk. Ini akan diberikan penasehat hukum terdakwa," kata seorang petugas di Ruang Panitera Muda Pidana PN Tangerang kepada wartawan, Selasa (31/1/2012).

Petugas itu mengatakan, pihaknya masih menunggu kedatangan penasihat hukum terdakwa untuk mengambil salinan itu. Dalam surat salinan putusan MA yang dilihat Kompas tertulis diterima tanggal 30 Januari 2012, atau Senin kemarin.

Surat putusan itu berdasarkan rapat pemusyawaratan Mahkama Agung (MA) pada Rabu (31 Mei 2011) dengan Ketua Majelis Hakim Imam Harjadi serta hakim anggota HM Zaharuddin Utama. Salinan surat putusan itu ditandatangani Panitera Pidana Muda Machmud Rachimi.

Dalam putusan MA itu, Rasmiah binti Rawan alias Rasminah diwajibkan mengembalikan barang curiannya kepada majikannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak 5 Juni 2010, Rasminah sudah mendekam di ruang tahanan Kepolisian Sektor Ciputat karena dituding majikannya mencuri. Selama dua bulan tiga hari pembantu rumah tangga yang sudah bekerja 10 tahun di rumah majikannya itu ditahan. Selanjutnya, nenek itu dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang selama dua bulan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.