Penipuan Catut Nama iPad 3 dan Mark Zuckerberg

Kompas.com - 29/01/2012, 17:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Apple memang belum secara tegas mengatakan akan hadirnya produk bernama iPad 3. Namun, penipu di dunia maya sudah menggunakan nama gadget itu dalam aksinya.

Upaya penipuan tersebut ditemukan oleh Symantec, seperti diungkap dalam blog resmi produsen peranti lunak keamanan tersebut. Gilanya, tak hanya iPad 3, para penipu juga mencatut nama Mark Zuckerberg.

E-mail tipuan itu mengaku berasal dari Mark Zuckerberg atau resmi dari Facebook. Di dalamnya dijelaskan bahwa Facebook dan Apple sedang menggelar promosi untuk mendapatkan iPad 3 secara gratis.

Lewat aksi itu, calon korban dipancing untuk mengklik sebuah tautan dan mengisi sebuah survei online. Padahal, yang diincar adalah informasi yang dimasukkan pengguna ke isian tersebut.

Nantinya, informasi yang dimasukkan akan digunakan untuk mengirimkan aksi penipuan dan e-mail promosi lainnya pada masa yang akan datang. Diduga, pelaku juga mendapatkan uang dari setiap klik tautan survei yang dilakukan korbannya.

Jika Anda menemukan aksi penipuan yang mengatasnamakan Facebook, kunjungi halaman khusus di Facebook untuk melaporkan penipuan tersebut.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X