Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2012, Semua Penduduk Jateng Sudah E-KTP

Kompas.com - 27/01/2012, 22:06 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Kendati sempat terkendala peralatan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan bahwa akhir tahun 2012 seluruh kabupaten/kota di Jateng sudah melaksanakan program kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Sejauh ini, program E-KTP sudah dilaksanakan delapan kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menjadi proyek percontohan, yakni Kota Solo, Kota Magelang, Kota Pekalongan, Kota Salatiga, Kabupaten Pati, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

"Program E-KTP terus kami sosialisasikan di 27 kabupaten dan kota agar bisa segera dilaksanakan tahun ini," ujar Kepala Dinas Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng Petrus Edison Ambarura, di Semarang, Jateng, Jumat (27/1/2012).

Edison optimistis setelah proyek percontohan dilaksanakan di delapan kabupaten/kota di Jateng, 27 kabupaten/kota di Jateng yang belum melaksanakan program E-KTP segera menyusul melaksanakan program E-KTP.

Ia menyebutkan, jumlah total penduduk di Jateng yang wajib menggunakan E-KTP sebanyak 28.036.650 jiwa. Adapun jumlah penduduk di 8 kabupaten/kota yang menjadi proyek percontohan E-KTP sebanyak 4.929.215 jiwa.

Edison yang didampingi Kabid Kependudukan dan Transmigrasi Disnakertransduk Jateng Susi Handayani menyatakan, karena kendala teknis dan nonteknis, program E-KTP di delapan kabupaten/kota di Jateng yang seharusnya selesai Desember 2011 diperpanjang hingga April 2012.

Persoalan teknis terutama pada peralatan pembuatan E-KTP.  "Kami berharap akhir April mendatang sudah 100 persen," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com