Kompas.com - 19/01/2012, 19:28 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

MANADO, KOMPAS.com - Salah satu stan di bursa pariwisata ATF (ASEAN Tourism Forum) TRAVEX, Laos menampilkan hal unik. Di stan ini, terpajang brosur-brosur pariwisata dalam bahasa Indonesia. Menjadi menarik, karena stan dari negara lainnya menghadirkan brosur hanya dalam bahasa Inggris.

"Kebetulan kami punya penerjemah yang bisa menerjemahkan brosur kami ke bahasa Indonesia. Kami pikir, kami sedang di Manado, jadi kami buat brosur dalam bahasa Indonesia," tutur Chitpasong Soulideth dari Ministry of Information, Culture and Tourism, di sela-sela ATF TRAVEX di Manado baru-baru ini, sambil membagikan kopi khas Laos.

Ia menuturkan selain kopi, suvenir yang biasa dicari turis di Laos adalah kain tenun dengan motif khas Laos. Laos sendiri merupakan negara yang diapit oleh negara Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan China. Hal ini menjadikan Laos sebagai negara yang tidak memiliki pantai atau laut.

Namun, Laos dilewati Sungai Mekong yang dijuluki sebagai Ibu Sungai. Paket wisata bagi wisatawan yang ingin pelesir di Sungai Mekong berupa kapal pesiar yang mengarungi sungai, lengkap dengan makan malam ala Laos. Selain itu, terdapat resor yang berada di pinggir Sungai Mekong.

Ada beberapa titik tempat wisata yang dilewati Sungai Mekong, yaitu Huayxay, Pak Beng, Luang Prabang, Vientiane, Khammouane, Savannakhet, dan Champasak. Di Savannakhet terdapat reruntuhan bersejarah. Sementara di Champasak terdapat air terjun dan melihat pembuatan tenun sutra oleh masyarakat setempat.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.