Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhammadiyah Canangkan Mobil Nasional

Kompas.com - 12/01/2012, 23:26 WIB
Ilham Khoiri

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PP Muhammadiyah) mencanangkan produksi mobil nasional dengan semua komponen yang dibuat sendiri. Program ini dilakukan dengan mengembangkan mobil hasil karya Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang kini mulai memproduksi mobil buatan sendiri secara massal.

Pencanangan itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah M Din Syamsuddin saat peluncuran dan tes kendara mobil produksi Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Borobudur (SMK Muhammadiyah 2 Borobudur) di sekolah itu, Kamis (12/1/2012).

Hadir juga, Bupati Magelang Singgih Sanyoto, Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Suyitno, sejumlah rektor Universitas Muhammadiyah di Jawa, dan pengurus Rumah Sakit Muhammadiyah.

Selama peluncuran, para siswa di sekolah itu mendemonstrasikan keterampilan memproduksi mobil, mulai dari membuat komponen mesin, karoseri, badan mobil, sasis, merakit mesin, sampai mengecat.

Sejumlah mobil hasil karya mereka dipamerkan dan diuji dengan dikendarai berkeliling kawasan Borobudur. Karyanya antara lain dalam bentuk bus, ambulans, minitruk, SUV, pikap double cabin, dan mobil niaga dengan label "Sang Surya."

Menurut Din Syamsuddin, kreativitas SMK Muhammadiyah 2 Borobudur merupakan modal yang baik untuk dikembangkan lagi sebagai cikal bakal program mobil nasional Muhammadiyah. Untuk itu, dia mengajak perguruan tinggi, SMK Muhammadiyah, dan investor di kalangan organisasi keagamaan itu bekerja sama mewujudkan gagasan ini.

Diharapkan, 100 persen komponen mobil nasional itu nanti diproduksi sendiri dengan teknologi dalam negeri. "Untuk tahap awal, mobil nasional Muhammadiyah itu nanti akan digunakan oleh keluarga besar anggota Muhammadiyah, seperti universitas, rumah sakit, sekolah, atau lembaga lain."

"Pada tahap berikutnya, tak menutup kemungkinan, kita bisa mengekspor mobil ke luar negeri," katanya.

Suyitno menjelaskan, SMK Muhammadiyah 2 Borobudur adalah salah satu sekolah yang mendapat bantuan program untuk merakit mobil sejak tahun 2009 dan terus dikembangkan sampai sekarang. Mereka telah memproduksi sekitar 50 mobil dalam berbagai bentuk, dan sebagian telah dipasarkan ke beberapa wilayah di Indonesia.

Saat ini, mereka juga sedang membuat 200 mesin baru lagi untuk dilengkapi berbagai elemen sehingga menjadi mobil laik jalan. "Sekitar 90 persen komponen jenis minitruk kami buat dengan teknologi sendiri. Untuk jenis-jenis mobil lain, sebagian masih menggunakan komponen dari luar yang kemudian kami rakit sendiri. Harganya antara Rp 95 juta dan Rp 196 juta per unit," katanya.

Selama peluncuran tersebut, sekolah itu kembali menerima sekitar 130 pesanan baru dari PP Muhammadiyah, perguruan tinggi, rumah sakit, dan pejabat. Mereka memesan mobil itu karena ingin menghargai karya siswa, menginginkan harga yang terjangkau, dan kualitas yang tidak kalah dengan kendaraan produksi asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com