Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPP Bahas Program Kerja di Kediri

Kompas.com - 11/01/2012, 03:01 WIB

Jakarta, Kompas - Partai Persatuan Pembangunan akan menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, pada 21-23 Februari 2012. Mukernas tersebut akan membahas program-program kerja yang diputuskan dalam Muktamar PPP di Bandung pada 3-6 Juli 2011.

”Mukernas sengaja kami pilih di Pondok Pesantren Lirboyo karena sebagai simbol kembalinya ulama-ulama Jawa Timur ke dalam PPP, apalagi Kiai Idris dulu merupakan salah satu deklarator PKB dan PKNU. Ini tindak lanjut peneguhan PPP sebagai rumah besar umat Islam baik dari kelompok politik maupun nonpolitik,” kata Sekretaris Jenderal DPP PPP Romahurmuziy di Jakarta, Senin (9/1).

Romahurmuziy mengatakan, Mukernas antara lain akan membahas mekanisme penugasan dan seleksi daftar bakal calon anggota legislatif dan soal pemenangan dalam pemilu kepala daerah. Mukernas juga akan membahas tentang Undang-Undang Pemilu dan Undang-Undang Pemilihan Presiden.

”Sekarang UU tersebut sedang dibahas dan akan tuntas Maret 2012. PPP akan memantapkan diri pada opsi-opsi yang berkembang dalam Mukernas. Opsi-opsi ini akan menjadi sikap PPP secara menyeluruh dalam semua tingkatan,” kata Romahurmuziy.

Menurut anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP, Ahmad Yani, terkait pembahasan UU Pemilu, PPP masih akan melihat respons dari daerah karena sebenarnya PPP menginginkan sistem pemilu proporsional terbuka.

Hal lain yang juga dibahas dalam Mukernas adalah kriteria calon presiden dan calon wakil presiden. PPP belum akan memutuskan siapa yang akan menjadi capres atau calon wapres karena masih akan dibahas kriteria dan kemungkinan langkah-langkap PPP ke depan terkait capres dan calon waspres. (LOK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com