Orang Dekat Tamsil Aktif Tanyakan Komitmen "Fee"

Kompas.com - 10/01/2012, 03:33 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Iskandar Pasajo alias Acos, orang dekat Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Tamsil Linrung, aktif menanya kan komitmen fee pencairan Dana Percepatan Infrastruktur Daerah di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi kepada Dharnawati, salah satu pihak yang mengincar proyek DPID untuk daerah Papua. Dari rekaman pembicaraan telepon antara Acos dan Dharnawati yang dibuka di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (9/1), terungkap Acos aktif mempertanyakan komitmen fee agar DPID dicairkan Badan Anggaran DPR.

Sidang dengan terdakwa Kepala Bagian Program Evaluasi dan Pelaporan, Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dadong Irbarelawan memeriksa tiga saksi, antara lain Wakil Ketua Badan Anggaran DPR Olly Dondokambey dan Acos. Majelis hakim yang diketuai Herdi Agustein akhirnya membuka rekaman percakapan telepon karena Acos sempat enggan mengakui transkrip pembicaraan telepon antara dirinya dan Dharnawati yang sebelumnya telah disadap Komisi Pemberantasan Korupsi.

Dalam rekaman telepon yang diputar di persidangan, Acos sempat mengatakan bahwa hanya Dharnawati yang belum selesai. Jaksa penuntut umum sebelumnya menanyakan kepada Acos maksud dari kata ”belum selesai”. Acos sempat berputar-putar menjelaskan maksud kata ”belum selesai” sampai akhirnya dia mengakui yang dimaksud adalah komitmen fee. ”Di dalam konteks seperti ini, di mana-mana orang bicara jasa fee dan sebagainya, saat itu saya ingin memastikan Dharnawati seperti apa,” kata Acos.

Cari proyek

Selain pembicaraan telepon dengan Dharnawati, Acos juga mengakui, dirinya memang mencari proyek di Kemenakertrans. Bahkan, dia mengakui, upaya pencairan Dana Percepatan Infrastruktur Daerah (DPID) merupakan salah satu upayanya melobi ke Badan Anggaran DPR. Acos mengatakan, dia bersahabat baik dengan Tamsil sehingga berani mengusulkan program di Kemenakertrans agar disetujui anggarannya oleh DPR. (BIL)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.