Mobil Rakyat Cocok untuk di Pedesaan

Kompas.com - 06/01/2012, 16:14 WIB
Penulis Orin Basuki
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil rakyat yang dijual dengan harga murah sebaiknya dikembangkan untuk area terbatas, antara lain di pedesaan. Dengan demikian, agen tunggal pemegang merek atau ATPM tidak perlu khawatir akan tersaingi karena segmen pasarnya berbeda sehingga industri otomotif domestik pun bisa mendukung mobil murah itu.

"Pengembangan mobil rakyat atau mobil nasional hanya ada dua pilihan, yakni bisa bekerjasama dengan ATPM atau mendorong BUMN terkait untuk ikut membantu. BUMN kita sudah sanggup mengembangkan mesin mobil, baik PT Dirgantara Indonesia atau PT INKA. Sedangkan PT Krakatau Steel bisa memasok bahan baku bajanya," ujar Deputi Bidang Koordinasi Perdagangan dan Industri, Kementerian Koordinator Perekonomian Edy Putra Irawadi di Jakarta, Jumat (6/1/2012).

Menurut Edy, pengembangan mobil rakyat menemui kendala pada harga jual. Harga jual mobil murah tidak bisa ditekan karena banyak sekali pungutan atas produk otomotif. Keberpihakan pada mobil murah hanya dapat diberikan jika mereka mendapatkan keringanan perpajakan.

Keringanan pajak yang diharapkan antara lain pembebasan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), serta Bea Balik Nama (BBN). Ketiga pungutan itu membuat harga jual mobil buatan dalam negeri tidak bisa ditekan.

"Jadi mobil rakyat pun tetap membutuhkan fasilitas dalam bentuk kemudahan dan pengecualian," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.