Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thinkpad Hybrid X1, Laptop dengan Dua "Kepribadian"

Kompas.com - 06/01/2012, 09:41 WIB

KOMPAS.com - Lenovo membuat inovasi terbaru dalam laptop termutakhirnya, yakni seri Lenovo ThinkPad Hybrid X1. Sekilas tampilan laptop ini mirip dengan laptop Lenovo ThinkPad X1 sebelumnya, yakni memiliki layar Gorilla Glass, keyboard lebar, dan desain yang lebih tipis dari seri ThinkPad yang lain.  

Yang membedakan keduanya adalah ThinkPad Hybrid X1 memiliki dua sistem operasi dan dua prosesor.  Hybrid X1 punya dua prosesor sekaligus, yaitu prosesor desktop Intel Core i5/i7 dan prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 1,2 GHz (dual core). Untuk sistem operasinya, ada Windows 7 dan Linux.

Dengan dua platform software dan hardware ini, Hybrid X1 bisa berperan menjadi laptop atau menjadi tablet/smartphone.

Jadi bila Anda ingin menggunakan Hybrid X1 sebagai laptop, yang berperan di mode ini adalah Intel Core i5/i7, Windows 7, dan ada memori 8GB (maksimal).

Sedangkan saat berperan sebagai tablet atau smartphone, Hybrid X1 akan beralih menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 1,2 GHz, Linux, dan memori sebesar 1GB.

Sistem operasi yang digunakan saat berada di mode ini adalah Linux. Namun, menurut laporan Engadget, Android yang akhirnya dipilih Lenovo untuk di mode tablet/smartphone di Hybrid X1.

Perpindahan antara dua sistem operasi ini ternyata berbeda dengan 'dual boot' seperti pada umumnya. Jika pada 'dual boot' biasa, untuk berpindah ke sistem operasi lain Anda harus me-restart komputer. Di Hybrid X1, Anda tak perlu melakukan itu.

Anda dapat berpindah sistem operasi secara mudah, seperti halnya pindah ke mode "Sleep" di laptop. Bahkan menurut Lenovo, saat perpindahan ini data pengguna akan tetap tersimpan aman di sistem operasi sebelumnya.

Laptop ini akan dijual pada kuartal kedua tahun 2012 dengan harga 1.599 dollar AS.

Sebelumnya, Lenovo ThinPad Hybrid X1 ini akan dipamerkan dalam Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, 9 hingga 12 Januari 2012.

Berbagai media massa internasional akan mencoba melakukan review produk ini, mengingat penggunaan dua sistem operasi dan dua prosesor dalam satu laptop adalah inovasi baru dan belum terprediksi hasilnya akan efektif atau tidak untuk menghemat daya laptop, dimana Lenovo menjanjikan ketahanan baterai 10 jam jika berada di mode mobile saat menggunakan Linux/Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com