Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Esemka Didorong Buat Bus

Kompas.com - 05/01/2012, 16:59 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Siswa SMK di Solo dan seluruh wilayah di Indonesia didorong untuk merakit kendaraan umum jenis bus. Alternatif kendaraan umum dibutuhkan ketika mulai 1 April 2012 mendatang pemerintah melarang penggunaan bahan bakar minyak bersubsidi bagi kendaraan pribadi.

"Jangan hanya membuat mobil pribadi, tetapi buatlah juga bus, yang ketika harganya dapat ditekan murah, maka manfaatnya makin besar bagi rakyat," kata ahli transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno, Kamis (5/1/2012) di Jakarta.

Djoko bahkan mendorong Kementerian Perhubungan untuk membeli bus-bus tersebut sebelum akhirnya didistribusikan ke kota-kota dalam bentuk bus rapid transit seperti sebelumnya telah dibagikan ke Kota Solo, Yogyakarta, Palembang, dan sebagainya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan, mobil Esemka yang dibuat dan dirakit siswa SMK di Solo itu laik jalan. Hal ini berdasarkan uji tipe pada dua tahun lalu di Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemhub.

"Mobil Esemka yang diajukan uji tipe saat itu telah memenuhi standar laik jalan, yakni uji dimensi dan konstruksi. Jika telah memenuhi standar laik jalan, mobil itu telah memenuhi unsur keamanan yang dibutuhkan," kata Juru Bicara Kemhub, Bambang Ervan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com