Marzuki: Buat Esemka sebagai Mobil Nasional

Kompas.com - 04/01/2012, 12:22 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie ternyata juga tertarik dengan mobil Kiat Esemka rakitan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Surakarta, Solo, Jawa Tengah.

Marzuki melalui pesan singkat kepada wartawan, Rabu (4/1/2012), mengaku akan mengikuti jejak Wali Kota Solo Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi yang menggunakan mobil Kiat Esemka itu sebagai mobil dinas.

"Insya Allah," kata Marzuki ketika ditanya apakah ia juga akan membeli mobil Kiat Esemka.

Marzuki yang kini tengah berada di Solo berencana akan mengunjungi tempat produksi mobil seharga Rp 95 juta itu. "Ciptaan anak bangsa harus didukung. Saya rencanakan untuk ke lokasi, memberikan jalan agar didukung pengusaha, dan dibuat sebagai mobil nasional," kata politisi Partai Demokrat itu.

Seperti diberitakan, mobil Esemka itu berjenis sport utility vehicle (SUV) berbahan bakar bensin. Mobil itu memiliki panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, tinggi 1,84 meter, dan mampu memuat 7 penumpang. Mesin mobil tersebut menggunakan mesin berseri SK EV 1.5 Injection, memiliki kapasitas 1.500 CC, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PK.

Mobil itu mampu digeber dengan kecepatan maksimal hingga 180 km per jam. Jokowi telah menggunakan mobil itu sebagai mobil dinas meski belum lolos uji kelayakan dan keselamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.