Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

E-KTP Tidak Akan Jadi Acuan Data Pilkada 2012

Kompas.com - 03/01/2012, 12:28 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pada tanggal 14 Januari nanti, daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) sudah harus masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta. Mengingat keterbatasan waktu ini, KTP elektronik atau e-KTP yang ditargetkan selesai pada April mendatang, tidak dapat dijadikan acuan data penduduk untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2012.

"Saya kira belum bisa kita jadikan untuk data Pilkada DKI pada 2012," kata Gubernur DKI Fauzi Bowo, di Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Sementara itu, penduduk yang sudah merekam data ulang di kelurahan-kelurahan tercatat sekitar 70 persen dari 7,4 juta jiwa wajib KTP di DKI sehingga tetap tidak dapat dipaksakan menggunakan e-KTP untuk mendata jumlah pemilih di Jakarta.

"Ya sekarang belum bisa, tapi untuk Pilpres 2014, e-KTP sudah bisa dijadikan untuk data pemilih," ujar Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Purba Hutapea mengatakan, target tetap tidak akan berubah, yaitu April 2012. Mengingat hal tersebut juga sudah dikabulkan oleh Kementerian Dalam Negeri. Perpanjangan pendataan e-KTP ini sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/5079/SJ tanggal 20 Desember 2011 perihal Perpanjangan Waktu Pelayanan e-KTP Secara Massal untuk 197 Kabupaten/Kota termasuk di DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com