Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Bola Raksasa sampai Kembang Api

Kompas.com - 31/12/2011, 03:06 WIB

Di jagat ini, malam Tahun Baru selalu dinanti dan dirayakan. Miliaran penduduk Bumi dari berbagai penjuru, dengan beragam etnis dan budaya, gegap gempita menyambut pergantian tahun.

Perayaan pergantian tahun yang spektakuler disiapkan di sejumlah kota besar di dunia. Di New York, Amerika Serikat—salah satu kota simbol peradaban modern dunia—malam Tahun Baru dirayakan dengan tradisi tua, menyaksikan peluncuran bola kristal raksasa Waterford.

Perayaan unik ini akan dipusatkan di kawasan Times Square, jantung kota Manhattan, New York. Diperkirakan satu juta warga AS akan berkumpul di sini untuk merayakan pergantian tahun bersama. Diprediksi juga acara ini akan disaksikan satu miliar penduduk dunia melalui tayangan langsung saluran berita CNN dan jaringan Fox.

Tradisi menyaksikan dijatuhkannya bola kristal raksasa seberat 5,3 ton dengan diameter 3,7 meter ini berlangsung sejak 1907. Inti acara ini adalah menyaksikan penghitungan waktu mundur selama satu menit, yang ditandai jatuhnya bola kristal dari puncak Menara One Times Square setinggi 23 meter menjelang pergantian tahun.

Selama ratusan tahun tradisi ini dijalankan, ”bola waktu” ini tujuh kali berganti desain seiring dengan perubahan zaman dan teknologi. Bola pertama terbuat dari besi dan kayu seberat 315 kilogram dan dilapisi 100 lampu. Sejak tahun 1999—menjelang pergantian tahun milenium—bola terbuat dari kristal Waterford.

Pada perayaan Tahun Baru 2012, desain bola kristal ini semakin canggih, dilengkapi 32.256 modul lampu LED (diode cahaya) buatan Philips yang mampu menampilkan efek kombinasi lampu dan cahaya yang spektakuler. Bola kristal warna-warni ini menjadi simbol keberanian, cinta, sukacita, dan harapan.

Untuk memeriahkan acara pergantian tahun di kota berjulukan ”Big Apple” ini, seperti dikutip dari kantor berita AFP, artis-artis ternama AS seperti diva pop Lady Gaga, Justin Bieber, Pitbull, penyanyi tenor Placido Domingo, dan veteran rocker Chuck Berry turut mengisi acara. Mereka akan menghibur warga AS yang tengah terpukul badai krisis ekonomi.

Selama perayaan ini, kawasan Times Square akan disterilkan dari kendaraan. Pengunjung yang hadir di sini bisa menyampaikan harapan atau resolusi tahun baru di piece of confetti, sebagai tradisi Tahun Baru warga AS di New York. Sebanyak 1 ton lembaran kertas piece of confetti telah terkumpul di Pusat Pengunjung di Times Square, yang akan disebarkan di udara pada malam pergantian tahun.

Sebagian kertas ini telah disebarkan di sepanjang kawasan Times Square untuk uji coba. Kertas-kertas yang juga mencerminkan warna-warni kehidupan sepanjang tahun ini terbang tertiup angin, menambah semarak suasana di kawasan yang menjadi ikon AS ini menjelang perayaan pergantian tahun.

Warna-warni

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com