Tamsil Akui Acos Atur Pertemuan

Kompas.com - 29/12/2011, 04:06 WIB
Editor

Jakarta, kompas - Wakil Ketua Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Tamsil Linrung mengakui pengusaha Iskandar Pasojo alias Acos yang memintanya agar bertemu dengan pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tamsil mengakui kedekatannya dengan Acos karena sama-sama aktif di organisasi Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia.

Dalam persidangan kasus suap pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi dengan terdakwa Dadong Irbarelawan, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (28/12), Tamsil mengaku bahwa pertemuan yang diatur Acos tersebut karena pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dalam hal ini Direktur Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat Kawasan Transmigrasi Joko Sidik Pramono, meminta penjelasan soal anggaran di direktoratnya.

”Posisi saya dihubungi sama Pak Acos bahwa ada Pak Joko yang ingin ketemu untuk menjelaskan soal anggaran yang terkait program KTM (Kota Terpadu Mandiri). Pak Joko memberikan penjelasan dan mengusulkan supaya anggarannya bisa diakomodasi di APBN 2011. Saya bilang enggak bisa karena anggaran sudah diketok palu, lalu saya sampaikan, kalau mau, diusulkan melalui Kementerian Keuangan untuk masuk dalam APBN-P 2011,” kata Tamsil saat ditanya jaksa M Rum mengenai peran Acos.

Tamsil bersedia

Saat jaksa mendesak penjelasan tentang peran Acos yang bukan berasal dari kalangan Badan Anggaran DPR ataupun pihak pemerintah, tetapi malah mengatur pertemuan antara Wakil Ketua Badan Anggaran DPR serta Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Tamsil mengatakan, ”Bagi saya, kalau ada yang minta penjelasan, saya bersedia memberikan penjelasan mengenai penganggaran. Kebetulan yang minta Pak Joko Sidik, maka saya temui.” (BIL)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.