Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Siapkan 592 Pos Pengamanan

Kompas.com - 28/12/2011, 14:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya menyiapkan 592 pos pengamanan dalam rangka mengamankan jalannya perayaan malam tahun baru. Pos -pos tersebut tersebar di sejumlah wilayah, yakni 98 pos di Jakarta Barat, 79 lokasi di Jakarta Pusat, 39 lokasi di Jakarta Selatan, 19 lokasi di Jakarta Timur, 7 di Jakarta Utara, 47 lokasi di Tanggerang Kota, 8 lokasi di Kabupaten Tanggerang, 30 lokasi di Bekasi Kota, dan 2 lokasi di wilayah Tanjung Priok.

Jumlah personel yang akan diturunkan dalam pengamanan malam tahun baru ini, Kabag Ops Polda Metro Jaya Kombes Agung Budi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 9.000 personel.

"Polda Metro Jaya menerjunkan 9.000 personel yang terdiri dari Intelijen, penjinak bahan peledak, reserse, dan lalu lintas untuk pengamanan pergantian tahun baru. Kami harapkan semua berjalan lancar," Ujar Agung Budi.

Hingga kemarin, sudah ada empat tempat di kawasan Jakarta dan Tangerang yang telah meminta izin untuk melaksanakan pesta kembang api.

"Hingga kemarin sudah ada empat pengguna tempat melapor untuk mengadakan pesta kembang api," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes baharudin Djafar.

Di antara keempatnya adalah Kelapa Gading, Bumi Serpong Damai, Taman Impian Jaya Ancol, dan Monas. Walaupun pihaknya telah memberi izin, pelaksanaan untuk menyalakan kembang api harus didampingi oleh juru ledak guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

"Kalau juru ledak pasti sudah mengetahui besaran ledakan yang akan ditimbulkan. Dia itu orang yang profesional menyalakan kembang api, apalagi jumlahnya banyak dan besar," kata Baharudin Djafar

Selain itu, tempat-tempat hiburan juga diminta untuk tidak melakukan atraksi ponografi dan pornoaksi. Pihaknya akan bekerja sama dengan instansi terkait melakukan pengawasan lokasi.

"Kalau ketahuan, kami akan ambil tindakan tegas," katanya.

Baharudin juga meminta agar para pengendara mematuhi peraturan lalu lintas seperti menggunakan helm.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com