Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasar Pengguna Apple, Peretas Sebarkan E-mail "Aspal"

Kompas.com - 28/12/2011, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Pengguna produk-produk Apple harus berhati-hati terhadap e-mail palsu yang dikirimkan oleh peretas. E-mail yang dikirim seakan-akan berasal dari alamat e-mail "appleid@id.apple.com" dengan subjek: "Apple Update Your Billing Information" adalah palsu.

Informasi ini didapat dari sebuah blog yang beralamat di http://blog.intego.com. Alamat e-mail tersebut adalah hasil phising (pemalsuan e-mail/website seperti seolah-olah asli). Peretas mengirimkan e-mail tersebut kepada  pelanggan Apple dan meminta pelanggan untuk melakukan update terhadap profil mereka di website Apple.

Peretas mengirimkan link untuk melakukan update secara langsung. Jika link tersebut diklik, maka akan muncul halaman 'edit profil' dan pelanggan akan diminta untuk memasukkan password dan akun kartu kredit.

Sudah pasti, motivasi peretas adalah untuk mengumpulkan password pelanggan untuk membajak kartu kredit. Untuk membedakan e-mail asli dan e-mail palsu dari Apple, Anda bisa menggerakkan kursor ke bagian bawah URL yang dikirimkan melalui e-mail. Akan muncul alamat e-mail asli dari situs tersebut di sudut kiri browser Anda dan akan ketahuan bahwa situs itu adalah palsu.

Misalnya ketika peretas mengirimkan link store.apple.com, apabila kursor didekatkan ke bagian bawah link, maka akan muncul link yang berbeda di sudut browser Anda. Dari investigasi Apple, link yang muncul adalah alamat website dengan kode nomor, bukan alamat asli store.apple.com.

Ini membuktikan phising telah terjadi. Jika pelanggan tetap mengklik link tersebut, halaman yang kemudian muncul tetap beralamat store.apple.com tetapi itu adalah website palsu bikinin peretas yang seolah-olah asli.

Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap pemberian link dari alamat email manapun, meski dari e-mail rekan yang Anda percaya. Cara mendeteksi alamat palsu ini bisa diterapkan juga untuk link lain yang dikirimkan ke e-mail Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com