Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Turun sampai Awal Januari

Kompas.com - 25/12/2011, 11:16 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan Sumatera Bagian Utara akan diliputi hujan dan angin hingga awal Januari 2012. Menjelang Tahun Baru, warga diminta waspada terhadap ancaman banjir, longsor, dan angin kencang.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Sumut Hendra Swarta, Minggu (25/12/20211) di Medan, menyebutkan beberapa daerah di wilayah timur Sumatera Utara rawan banjir. Daerah tersebut meliputi Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, dan Labuhan Batu. Beberapa daerah di pantai barat seperti Tapanuli Tengah, Sibolga, dan Mandailing Natal juga menghadapi ancaman yang sama.

Warga di daerah pegunungan juga perlu mewaspadai potensi longsor selama musim hujan berlangsung. Daerah tersebut antara lain Karo, Mandailing Natal, dan Tapanuli Selatan. Daerah lain seperti Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat, dan Aceh juga menghadapi potensi serupa. Hujan turun secara merata hingga awal Januari 2012.     

Kepala Data dan Informasi BMKG Polonia Medan, Hartanto, menambahkan, warga pun perlu mewaspadai ancaman puting beliung. Dia memperkirakan kecepatan angin mencapai 30 knot per jam.

Untuk itu, Hartanto mengimbau agar warga yang mudik sebaiknya menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta api. Warga yang memaksa menggunakan sepeda motor dapat membahayakan diri. Apalagi jika membawa serta anak istri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com