Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaat GKI Yasmin Gagal ke Gereja

Kompas.com - 25/12/2011, 10:03 WIB
Mohamad Final Daeng

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com -- Niat jemaat Gereja Kristen Indonesia Yasmin, Bogor, Jawa Barat, yang ingin melaksanakan ibadah Natal di bangunan gereja mereka, Minggu (25/12/2011), gagal terlaksana. Jemaat akhirnya mengalihkan pelaksanaan ibadah di salah satu rumah jemaat di perumahan Taman Yasmin Kota Bogor.

Sejak pagi, ratusan petugas Satpol PP Kota Bogor dan kepolisian telah memblokade jalan menuju bangunan gereja GKI Yasmin. Arus lalu lintas pun dialihkan ke jalan-jalan kecil di sekitar Jalan KH Abdullah bin Nuh, salah satunya Jalan Johar.

Puluhan jemaat yang berkumpul di sekitar pusat perbelanjaan Giant tertahan. Pada pukul 09.00 WIB, jemaat akhirnya diminta membubarkan diri oleh Satpol PP Kota Bogor dan langsung menuju rumah salah satu jemaat di perumahan Taman Yasmin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Majelis Jemaat GKI berencana menggelar ibadah Natal pada Minggu pagi. Jemaat tak menggelar ibadah malam Natal pada Sabtu (24/12/2011) karena situasi yang dinilai tak memungkinkan.

Sebelumnya, Pemkot Bogor mengeluarkan surat bertanggal 23 Desember 2011 yang memindahkan pelaksanaan ibadah Natal GKI Yasmin ke ruang Crysant Gedung Harmony Yasmin Center di Jalan KH Abdullah bin Nuh. GKI menilai surat tersebut intinya melarang pelaksanaan ibadah Natal di gedung gerejanya sendiri yang sah berdasarkan Putusan Mahkamah Agung, 9 Desember.

Masalah GKI Yasmin bermula dari persoalan izin mendirikan bangunan (IMB) peribadatan yang dinilai tak sah oleh Pemkot Bogor. IMB gereja itupun dibekukan. Namun, lewat upaya hukum hingga tingkat MA, pembekuan itu dibatalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com