Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Ulang CPNS Kubu Raya Januari 2012

Kompas.com - 22/12/2011, 22:54 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Ujian ulang penerimaan calon pegawai negeri sipil Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat rencananya akan dilakukan pada Januari 2012 mendatang.

Hasil ujian CPNS tahun 2010 yang meluluskan 236 peserta untuk mengisi formasi kepegawaian tahun 2011 dibatalkan oleh Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi karena ada kesalahan prosedur penerimaan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Barat Robertus Isdius, Kamis (22/12) mengatakan, tes penerimaan calon pegawai negeri sipil akan diikuti oleh 3.961 peserta, sama dengan jumlah peserta yang mengikuti ujian penerimaan CPNS tahun 2010.

"Ujian akan diikuti oleh seluruh peserta penerimaan CPNS tahun 2010, termasuk 24 dari 236 peserta yang dinyatakan lulus dan lembar ujiannya ditandantangi. Kelulusan seluruh peserta dibatalkan oleh Menteri PAN dan RB sehingga semua harus mengulang," kata Robertus.

Dalam surat Badan Kepegawaian Negara kepada Menteri PAN dan RB 12 April 2011 lalu, 24 peserta dari 236 peserta yang lulus itu direkomendasikan untuk dipertimbangkan pengangkatannya sebagai pegawai negeri sipil sedangkan sisanya tidak karena lembar jawaban mereka tidak ditandatangani peserta.

Namun, akhirnya diputuskan untuk membatalkan kelulusan seluruh peserta untuk memenuhi rasa keadilan. Pertimbangannya, karena memang sejak awal sudah terjadi kesalahan prosedur sehingga temuan tim investigasi sepert i lembar jawaban yang tidak ditandatangani itu hanya penguat saja, kata Robertus.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memang mengusulkan ujian susulan segera dilakukan sesuai dengan arahan Badan Kepegawaian Negara dan Menteri PAN dan RB. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengusulkan ujian ulang itu melalui Badan Kepegawaian Daerah Kalbar Saat ini Badan Kepegawaian Daerah Kubu Raya sedang berkonsultasi dengan Badan Kepegawaian Nasional mengenai rencana pelaksanaan ujian ulang itu, ujar Muda.

Robertus mengatakan, persoalan dasar yang membuat hasil ujian penerimaan CPNS tahun 2010 untuk mengisi formasi kepegawaian Kubu Raya tahun 2011 itu adalah tidak berkonsultasinya Pemerintah Kubu Raya dan Provinsi Kalbar, serta bek erja sama dengan kementerian Dalam Negeri dalam pelaksanaan ujian.

"Padahal, seharusnya ujian dilaksanakan melaui kerja sama dengan perguruan tinggi negeri. Aturannya memang kerja sama yang diperbolehkan itu hanya dengan perguruan tinggi negeri, bukan pihak lain," kata Robertus.

Kerja sama dengan perguruan tinggi negeri dilakukan dalam bentuk pembuatan soal dan pelaksanaan ujian. Kisi-kisi soal berasal dari Kementerian PAN dan RB, tetapi yang buat soal dari perguruan tinggi negeri.

"Nanti, mekanismenya akan seperti itu juga yang Kubu Raya. Kementerian PAN dan RB, Badan Kepegawaian Negara, dan Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Barat akan memonitor pelaksanaan ujian ulang itu," kata Robertus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com