Marzuki: Panja Mesuji Wajib Dibentuk

Kompas.com - 21/12/2011, 18:57 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorBenny N Joewono

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mendukung pembentukan panitia kerja (panja) di Komisi III untuk mengusut penyimpangan di sektor pertanahan, perkebunan, kehutanan, dan pertambangan. Panja itu akan dibentuk menyusul kasus di Mesuji.

"Saya kira wajib dibentuk panja karena bisa kita detailkan persoalannya," kata Marzuki di kompleks DPR, Rabu (21/12/2011).

Marzuki mengatakan, dirinya sering didatangi para petani dari sejumlah daerah yang mengeluhkan penyerobotan tanah, seperti yang terjadi di Mesuji, wilayah perbatasan antara Lampung dan Sumatera Selatan. Para pejabat daerah, kata dia, mengambil tanah yang dialokasikan untuk rakyat.

"Saya kira ini perlu kita tindak lanjuti dengan membentuk panja agar diperoleh solusi. Kalau semua pemerintahan yang di daerah ikut bermain, susah (diselesaikan) kalau DPR tidak turun tangan," kata politisi Partai Demokrat itu.

Jika melihat kinerja para anggota Komisi III, Marzuki yakin masalah itu dapat terselesaikan. "Ada baiknya saya dukung apa yang dikerjakan Komisi III selama ini, tetapi harus proporsional," ujarnya.

Seperti diberitakan, usulan pembentukan panja akan dibahas dalam rapat pleno di Komisi II pada 8 Januari 2012. Usulan itu muncul setelah tim dari Komisi III melakukan kunjungan ke Lampung.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X