Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putus Hubungan di Facebook? Ini Alasannya

Kompas.com - 21/12/2011, 10:08 WIB

KOMPAS.com - Apa alasan orang menjalin hubungan pertemanan di Facebook? Dan, mengapa kadang terjadi orang memutuskan hubungan pertemanannya di Facebook?

Pertanyaan-pertanyaan itu yang antara lain hendak dijawab oleh survei NM Incite, dari Nielesen dan McKinsey, pada 1.800 pengguna jejaring sosial.

Hasilnya, 82 persen pengguna Facebook akan mengajukan permintaan pertemanan (add friend) karena mereka saling kenal di dunia nyata.

Sementara itu, ada 60  persen pengguna Facebook yang mengajukan pertemanan karena saling terhubung dengan teman yang lain (mutual friend).

Sedangkan sisanya, sebanyak 8 persen pengguna Facebook akan melakukan add friend karena satu sama lain tertarik secara fisik dan 7 persen karena ingin menambah jumlah teman sebanyak-banyaknya.

Masih ada lagi. Sebanyak 7 persen pengguna menganggap 'semua orang adalah teman saya,' dan 7 persen menjawab mereka akan melakukan add friend karena tertarik dengan kualitas foto.

Putus Hubungan

Di sisi lain, ada beberapa alasan mengapa seseorang memutus hubungan pertemanan atau remove friend di Facebook.

Banyak orang terganggu dengan tindakan teman yang diterimanya atas dasar mutual friend. 23 persen mengatakan mereka melakukan remove friend karena komentar yang tidak menyenangkan, 20 persen karena kurang melakukan interaksi.

Lalu, 14 persen menyatakan putus hubungan karena komentar politik dan 11 persen karena sakit hati atau putus cinta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com