Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Ormas Berkibar di Kamp Warga di Mesuji

Kompas.com - 18/12/2011, 10:06 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

MESUJI, KOMPAS.com — Wilayah Tugu Roda di kawasan Hutan Register 45, Mesuji, perlahan dipenuhi kembali para eks warga perambah. Di kamp-kamp warga ini berkibar bendera salah satu organisasi kemasyarakatan.

Seminggu terakhir ini, kawasan yang pada empat bulan lalu ditertibkan dari perambah hutan, kini mulai dihuni kembali warga eks perambah ini. Jumlahnya terus bertambah banyak. Hingga hari ini mencapai 1.350 orang.

Di antara tenda-tenda warga, berkibar pula bendera salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas). Padahal, Lampung bukanlah termasuk salah satu basis ormas ini.

Menurut Murdiyo (56), salah seorang warga, kedatangan mereka kembali ke Tugu Roda adalah atas instruksi lembaga adat Megou Pak. Seperti diketahui, lembaga adat yang berbasis di Menggala, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, ini adalah pihak yang mengadukan persoalan konflik Mesuji ke DPR.

Mereka beranggapan terjadi pembantaian petani di Mesuji dengan membawa barang bukti video, di mana beberapa adegan di dalamnya diyakini sama sekali tidak terkait konflik di Mesuji.

Kawasan Register 45 Mesuji adalah salah satu wilayah yang kini tengah dalam sengketa antara warga setempat dan PT Silva Inhutani Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com