Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal, Harga Tiket Pesawat Melonjak

Kompas.com - 16/12/2011, 04:57 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Harga Tiket pesawat udara tujuan antarkota di Papua serta rute keberangkatan Makassar, Surabaya dan Jakarta menjelang Hari Raya Natal 25 Desember dan Tahun Baru 2012 mengalami lonjakan harga signifikan dibanding biasanya.

Hingga Jumat pagi, data harga tiket pesawat udara menjelang Natal dengan tujuan Biak-Makassar harga normal sekitar Rp 1,5 juta kini naik menjadi Rp 2,5 juta, sementara Biak-Jakarta yang pada hari biasa berkisar Rp 2,5 juta naik menjadi Rp 4 juta hingga 5 juta.

Salah seorang petugas agen tiket, Amin, mengakui, harga tiket pesawat udara mendekati hari raya keagamaan seperti Idul Fitri, Natal serta Tahun Baru mengalami kenaikan harga hingga 25-30 persen dari hari biasa.

"Meski harga tiket mahal, namun banyak penumpang yang tetap bepergian untuk keperluan Natal sehingga rela masuk daftar tunggu dan cadangan," katanya, Jumat (16/12/2011).

Berdasarkan data pemesanan tiket untuk keberangkatan Biak-Makassar hingga H-1 sebelum Natal di beberapa agen penjualan tiket, menyatakan telah penuh.

Sementara kursi untuk rute penerbangan Bandara Frans Kaisiepo Biak-Soekarno Hatta Jakarta serta Juanda Surabaya juga sebagian besar telah terisi hingga H-1 sebelum Natal.

Salah seorang penumpang, Mathias mengakui, harga tiket pesawat tujuan Biak ke Mopah Merauke biasanya seharga Rp 1,1 juta, namun menjelang Natal telah mengalami kenaikan hingga Rp 1,3 juta lebih.

"Meski harga tiket pesawat naik, tetap saja jenis transportasi udara ini diburu warga karena menjadi kebutuhan untuk merayakan Natal bersama keluarga," ujar Mathias.

Hingga Jumat pagi pukul 06.00 WIT, arus kedatangan dan keberangkatan penumpang di Bandara Frans Kaisiepo Biak dari Jakarta-Makassar dengan tujuan Jayapura-Merauke-Timika masih berjalan normal seperti biasanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com