Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balai POM dan Dinkes Sidak Jajanan Siswa

Kompas.com - 15/12/2011, 16:10 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com- Dinas Kesehatan Kota Tegal, Jawa Tengah, bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang, memeriksa jajanan anak-anak yang dijual di kantin dan pedagang makanan di sekolah-sekolah dasar di Kota Tegal, Kamis (15/12/2011).

Pemeriksaan antara lain dilakukan di kompleks SD Mangkukusuman I, SD Mangkukusuman V, SD Mangkukusuman VIII, dan SD Mangkukusuman IX.

Dalam sidak tersebut, Balai POM mengambil beberapa sampel makanan, seperti tahu gejrot, agar-agar curah, cilok, dan makanan kering berbumbu.

Dalam sidak juga ditemukan seorang pedagang agar-agar, yang menjual dagangannya dengan sistem lotre. Dengan membayar Rp 500, siswa berhak menggerakkan putaran lotre, untuk mendapatkan hadiah uang, agar-agar, atau susu kental manis yang dikemas ulang dalam plastik kemasan kecil.

Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Besar POM Semerang, Aryanti mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka aksi nasional pangan dan jajanan anak sekolah.

Pemeriksaan dilakukan pada sejumlah kabupaten/kota di Jateng, yaitu Semarang, Wonogiri, Wonosobo, Karanganyar, Temanggung, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Batang, Pemalang, Demak, dan Rembang.

Sampel makanan yang diperoleh dari pedagang langsung diuji, untuk tiga jenis pengujian, yaitu Rodamin B, kuning Metanil, dan Formalin. Dari pengujian, belum ditemukan makanan yang mengandung ketiga jenis bahan pewarna dan pengawet berbahaya tersebut. "Parameter lain, seperti kandungan boraks, harus diuji di laboratorium," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com