Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solidaritas untuk Sondang Digelar di Karawang

Kompas.com - 12/12/2011, 13:37 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Karawang, Jawa Barat, Senin (12/12/2011), berunjuk rasa sebagai solidaritas untuk Sondang Hutagalung(22), aktivis mahasiswa yang membakar diri di depan istana beberapa waktu lalu.

Dengan membawa bendera organisasi dan foto-foto Sondang Hutagalung, massa bergerak dari Islamic Center Karawang menuju ke kantor Bupati Karawang di Jalan Ahmad Yani. Mereka juga berorasi di halaman kantor pemerintah daerah.

Moris Moy Purba, Ketua GMNI Cabang Karawang mengatakan, aksi bakar diri Sondang adalah bentuk protes anak negeri atas kegagalan pemerintah. "Aksinya membakar semangat kami untuk memperjuangkan hak asasi manusia dan kesejahteraan sebagian warga yang hingga kini terabaikan," ujarnya.

Para mahasiswa berunjuk rasa bersama petani dan buruh yang menuntut perbaikan kesejahteraan. Mereka antara lain mengkritik program pembagian kendaraan dinas dan tuntutan kepala-kepala desa yang meminta mobil dinas yang dinilai tak peka penderitaan sebagian warga yang masih berjuang untuk keluar dari jurang kemiskinan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com