PAN Resmi Tetapkan Hatta Rajasa Menjadi Capres - Kompas.com

PAN Resmi Tetapkan Hatta Rajasa Menjadi Capres

Kompas.com - 11/12/2011, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendukung Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sebagai bakal calon presiden dalam Pemilu 2014. Keputusan itu secara bulat diambil dalam Rapat Kerja Nasional PAN 2011.

Keputusan itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PAN Taufik Kurniawan dalam jumpa pers seusai Rakernas di Jakarta, Minggu (11/12/2011) malam. Ikut hadir para petinggi PAN lain, seperti Tjatur Sapto Edy, Zulkifli Hasan, dan Arya Bima.

"Secara bulat menetapkan Saudara Ketua Umum Hatta Rajasa menjadi satu-satunya calon PAN untuk dapat berkiprah di Pilpres 2014," kata Taufik.

Dengan pernyataan sikap itu, PAN adalah parpol pertama yang mendeklarasikan kadernya secara resmi untuk maju di Pilpres 2014 .

Taufik mengatakan, dukungan itu berawal dari konsolidasi 427 Dewan Perwakilan Daerah. Kemudian, desakan DPD itu didukung seluruh Dewan Perwakilan Wilayah dalam Rakernas.

Tindak lanjut dari keputusan itu, lanjut Taufik, para pengurus DPD hingga pusat diminta membentuk tim sukses pemenangan Hatta. Adapun hasil rakernas lainnya, kata dia, tak dapat dipublikasikan lantaran bersifat internal.

Ketika ditanya mengapa PAN berani sudah mendeklarasikan Capres padahal pemilu masih tiga tahun mendatang, Taufik mengatakan, pihaknya yakin karena kerja keras para kader.

"Sebagian besar (kader) mengharapkan Pilpres mendatang suatu keniscayaan akan terjadi penyerahan tongkat estafet kepemimpinan," kata Wakil Ketua DPR itu.


EditorTri Wahono

Close Ads X