Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Jatim Usung Hatta Rajasa sebagai Capres

Kompas.com - 10/12/2011, 10:01 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Jawa Timur mengusung Hatta Rajasa sebagai calon presiden 2014-2019 dalam Rapat Kerja Nasional PAN di Jakarta, 10-11 Desember 2011. "Momen rakernas dan silaturahim kader PAN se-Indonesia di Jakarta hari ini akan kami manfaatkan untuk mengusulkan sekaligus mengusung Hatta Rajasa sebagai calon presiden," kata Sekretaris PAN Jatim, Kuswiyanto, Sabtu (10/12/2011).

Hatta Rajasa selaku Ketua Umum DPP PAN sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian dinilai layak sebagai orang nomor satu di Indonesia untuk menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono yang sudah menjabat dua periode.

Kuswiyanto mengaku, pihaknya akan mengajak DPW-DPW PAN lainnya untuk bulat dan menyatakan dukungannya kepada Hatta Rajasa. "Kami akan mengajak DPW-DPW lainnya untuk merekomendasikan nama Hatta Rajasa sebagai calon presiden PAN," ungkapnya.

Rakernas dianggap momen paling strategis bagi PAN sehingga perlu dimanfaatkan betul dalam menyusun strategi partai ke depan. Selain rakernas, digelar juga silaturahim nasional yang diikuti semua kader PAN di eksekutif serta legislatif se-Indonesia. "Kami bersama untuk menyatukan satu visi menentukan nasib dan arah partai di masa mendatang. Ini adalah kegiatan yang sangat positif dan tidak bisa dilewatkan," ujar Kuswiyanto.

DPW PAN Jatim dan DPW lainnya, lanjut Kuswiyanto, sudah membuat wacana dan mengusulkan nama Hatta Rajasa sebagai calon presiden. Namun, dalam beberapa kesempatan, Hatta masih belum menyatakan kesediaannya. "Kalau Hatta Rajasa dalam kesempatan ini setuju, maka kami di daerah bisa memulai memperkenalkan ke publik bahwa PAN sudah punya calon presiden," tutur politisi yang juga mantan guru tersebut.

Menurut Ketua Fraksi PAN DPRD Jatim itu, sosok Hatta Rajasa layak sebagai RI-1 karena dinilai sebagai kader terbaik. Selain itu, berdasar hasil kajian yang dilakukan, Hatta termasuk menteri yang memiliki prestasi luar biasa. "Secara kapasitas, integritas, maupun kemampuan dalam mengelola pemerintahan, Hatta Rajasa sudah tidak perlu diragukan lagi," tambah Kuswiyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com