Kompas Raih Anugerah Tirtoadisuryo 2011 - Kompas.com

Kompas Raih Anugerah Tirtoadisuryo 2011

Kompas.com - 06/12/2011, 15:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Harian Kompas kembali meraih prestasi membanggakan di bidang jurnalistik. Kali ini Anugerah Tirtoadisuryo 2011 akan diberikan kepada Tim Ekspedisi Kompas atas rintisannya yang menyegarkan gaya dan substansi laporan jurnalistik dalam tradisi pers Indonesia.

Penghargaan itu akan diserahkan pada Hari Jurnalistik Indonesia, Rabu (7/12/2011) malam. Pemberitahuan itu disampaikan Pendiri Newseum Indonesia Taufik Rahzen kepada Pemimpin Umum Kompas, Selasa ini.

Newseum Indonesia adalah lembaga independen yang bergerak dalam bidang tradisi pers dan sejarah kebangsaan yang didirikan tahun 2007, bertepatan dengan 100 tahun terbitan Medan Priyayi 1907 yang dianggap sebagai tanda awal koran kebangsaan.

Dijelaskan Taufik, sejak 2007 Newseum memberikan penghargaan Tirtoadisuryo kepada karya jurnalistik dan individu yang merintis pendekatan segar dalam merajut hubungan publik dan Republik.

Ada dua katagori penghargaan, yakni Sang Pemula dan CommuniNation. Anugerah telah diberikan kepada Pramudya Ananta Toer, Bambang Ismawan (Trubus) dan Soebagyo IN pada tahun 2008, kemudian Ono W Purbo dan Radio 68H pada tahun 2009.

Sedangkan pada tahun 2010, penghargaan diberikan kepada Budiono Darsono (detik.com) dan Komunitas Lubang Jarum.

Harian Kompas telah menggelar 12 kali liputan bercorak ekspedisi yang memadukan unsur petualangan, penelitian, eksplorasi, dan kegiatan jurnalistik. Pada tahun 2011 ini, Kompas melangsungkan Ekspedisi Cincin Api yang berlangsung selama satu tahun dengan pendekatan multimedia, multi Channel, dan multi platform.


EditorMarcus Suprihadi

Terkini Lainnya


Close Ads X