Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Tangkap Nelayan China

Kompas.com - 04/12/2011, 14:35 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MANILA, KOMPAS.com- Angkatan Laut Filipina menahan enam nelayan asal China yang dituduh berburu hewan laut secara ilegal di perairan teritorial Filipina. Demikian diungkapkan Kepolisian Filipina, Minggu (4/12/2011).

Menurut juru bicara Kepolisian Nasional Filipina Chief Superintendent Agrimero Cruz, kapal pembawa para nelayan itu dicegat hari Kamis (1/12) lalu di lepas pantai kota Balabac di Pulau Palawan.

"Dari mereka disita sebelas penyu, jaring ikan, dan berbagai perlengkapan lain," tutur Cruz. Saat ini enam warga China itu berada dalam tahanan kepolisian, sementara kapalnya masih disita, sambil menunggu proses pemberkasan perkara.

Ketegangan masih terjadi antara China dan Filipina, yang sama-sama mengklaim kedaulatan di wilayah Kepulauan Spratly di Laut China Selatan. Ratusan nelayan China telah ditangkap di lepas pantai Palawan oleh pihak berwenang Filipina dalam 10 tahun terakhir ini, tetapi mereka selalu dibebaskan dan dideportasi ke China.

Bulan Oktober, AL Filipina menangkap 25 perahu nelayan China yang ditarik sebuah kapal yang lebih besar, sekitar 150 kilometer dari Palawan. Kapal penarik tersebut bisa meloloskan diri dari cegatan kapal AL Filipina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com