Masalah Papua Butuh Pendekatan Kesejahteraan

Kompas.com - 28/11/2011, 23:46 WIB
Penulis Khaerudin
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Selain dialog dan jalan damai, masalah Papua harus diselesaikan dengan pendekatan kesejahteraan. Salah satunya dengan membuka keterisolasian warga di daerah pegunungan.

Mantan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie mengemukakan, pendekatan kesejahteraan menjadi kunci keberhasilan mengatasi masalah Papua.

"Saya katakan lagi bahwa saya percaya pendekatan kesejahteraanlah yang merupakan kunci keberhasilan pembangunan di Papua. Kita melihat problem Papua bukan di daerah pesisir, tetapi di daerah pegunungan, di mana lebih dari 60 persen rakyat Papua hidup," kata Aburizal, yang juga Ketua Umum Partai Golkar.

Aburizal mengatakan, keterbelakangan di Papua disebabkan oleh terisolasinya daerah pegunungan. "Karena itulah, saya harapkan pembukaan jalan untuk membuka satu pegunungan ke daerah pesisir. Bisa dibayangkan harga dari satu zak semen di sana Rp 1,5 juta, itu terlalu mahal. Sementara di Jakarta cuma Rp 80.000," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.