Jembatan Sedang Diperbaiki

Kompas.com - 26/11/2011, 21:02 WIB
Penulis Harry Susilo
|
EditorAgus Mulyadi

TENGGARONG, KOMPAS.com — Jembatan Mahakam di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, yang runtuh pada Sabtu (26/11/2011) sore, ternyata sedang diperbaiki. Beberapa saat sebelum runtuh, beberapa pengguna kendaraan melihat petugas yang memperbaiki.

Samsul (32), warga Kecamatan Tenggarong Seberang, melintas di Jembatan Mahakam sekitar pukul 15.15 Wita. Saat itu dia melihat sejumlah petugas tampak memperbaiki tiang pancang dan konstruksi jembatan.

"Saya tidak tahu apa yang diperbaiki, tapi saya lihat ada petugas yang membawa kompresor segala. Mungkin sedang memperbaiki jembatan," ujarnya, Sabtu malam.

Menurut Samsul, saat jembatan runtuh, dia sedang berada di SPBU yang berjarak sekitar 600 meter dari jembatan. Runtuhnya jembatan menimbulkan bunyi dentuman dan empasan ke air sehingga banyak warga sekitar yang kemudian panik.

Samsul yang juga tinggal di sekitar Jembatan Mahakam ini tidak pernah melihat jembatan dalam kondisi rusak parah sebelumnya. Biasanya perbaikan jembatan dalam skala kecil. Karena itu, dia kaget ketika jembatan tiba-tiba runtuh hingga memakan korban jiwa.

Jembatan sepanjang sekitar 720 meter ini runtuh pada pukul 16.15 Wita. Tidak diketahui persis berapa jumlah kendaraan yang melintas saat jembatan runtuh. Namun, berdasarkan keterangan saksi mata, lebih dari belasan kendaraan yang sedang lewat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.