Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Perekonomian Global Hadapi Risiko "Lost Decade"

Kompas.com - 10/11/2011, 11:25 WIB

BEIJING, KOMPAS.com Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memperingatkan bahwa perekonomian global menghadapi risiko lost decade, dengan hanya sedikit pertumbuhan, bahkan sama sekali tidak tumbuh. Lagarde meminta Asia menjaga kemungkinan tersebut.

Ia menegaskan, tanpa keberanian dan koordinasi tindakan, dunia akan menghadapi ketidakpastian dan ketidakstabilan finansial. "Pada akhirnya, kita akan menjalani risiko dari apa yang beberapa komentator sudah menyebutnya lost decade," kata Lagarde, Rabu (9/11/2011), pada kunjungan pertamanya ke Beijing sejak menjadi Managing Director IMF pada bulan Juli.

Mantan menteri keuangan Perancis ini mengungkapkan, perekonomian Asia memang relatif kuat, tetapi tetap harus disiapkan untuk menghadapi badai. Dia mengatakan, pemerintah Asia harus mengurangi sedikit kebijakan moneter ketat yang selama ini diterapkan untuk melawan inflasi. "Asia tidak kebal. Jangan membuat kesalahan," tegasnya.

Bulan lalu, IMF memangkas perkiraan pertumbuhan Asia tahun ini menjadi rata-rata 6,3 persen dari perkiraan sebelumnya 7 persen akibat krisis utang Eropa dan perlambatan ekonomi Amerika Serikat.

Setelah melaju pada awal tahun, pertumbuhan Asia melambat akibat berkurangnya permintaan dari negara maju dan Jepang yang terkena tsunami pasa Maret 2011 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com