Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes SBY-Boediono, Mahasiswa UIJ Bakar Ban

Kompas.com - 09/11/2011, 16:28 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mahasiswa Universitas Islam Jakarta (UIJ) melakukan unjuk rasa di depan kampus di Jalan Balai Rakyat, Utan Kayu, Jakarta Timur, Rabu (9/11/2011). Selain berorasi mengeritik pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, mereka juga melakukan pembakaran ban dan mencorat-coret jalan.

"Tujuan aksi masih sama, menuntut rezim SBY-Boediono segera turun karena tidak mampu mengurus negara ini," kata Achoy, humas aksi, kepada Kompas.com.

Dalam orasinya, mahasiswa mengungkapkan sejumlah masalah yang menjadi keprihatinan mereka sekaligus indikator kegagalan SBY-Boediono. Di antaranya, mereka menilai rezim ini tak mampu menyelesaikan masalah politik-keamanan yang muncul di negeri ini.

"Di Papua dan di Ambon terjadi kerusuhan. Namun, SBY terlihat diam dan kesannya lamban dalam menyelesaikan masalah. Ini tanda rezim ini tak becus memerintah," teriak salah seorang orator.

Aksi yang dimulai sekitar pukul 14.00 ini dijaga ketat aparat kepolisian. Tiga kendaraan kepolisian tampak terparkir di depan UIJ.

Aksi kali ini, menurut Achoy, dilaksanakan serentak di sejumlah kampus yang menjadi anggota Jaringan Kampus (Jarkam).

Selain di UIJ, aksi serupa dilakukan di Universitas Satya Negara Indonesia (USNI), Universitas Bung Karno (UBK), Universitas Negeri Jakarta, dan beberapa anggota Jarkam lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com