Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilih di Pilkada Ulang Lebih Antusias

Kompas.com - 09/11/2011, 11:50 WIB
Timbuktu Harthana

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Partisipasi pemilih dalam pencoblosan pilkada ulang gubernur Papua Barat, Rabu (9/11/2011) lebih tinggi dibandingkan dengan pencoblosan sebelumnya. Pemilih lebih antusias datang ke TPS.

Seperti di TPS 01 Swapen, Manokwari, TPS mulai dipadati pemilih sekitar pukul 08.30 WIT. Jumlah pemilih yang datang terus meningkat pada pukul 10.00 WIT. Pemilih terpaksa harus mengantre di luar tenda TPS karena kursi di dalam tenda tidak mencukupi.

Tampak diantara mereka adalah pemilih-pemilih pemula. Menurut PH Samori (60) Ketua TPS 01 mengatakan, dari 590 pemilih yang tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT), sebanyak 300 pemilih telah menggunakan suaranya. Melihat kondisi yang aman seperti ini, dia yakin jumlah pemilih terus bertambah.

"Pemilih yang datang terlihat lebih banyak dari pada pemcoblosan yang kemarin (pencoblosan pertama, 20 Juli, yang hasilnya dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi)," kata Samori.

Kondisi yang sama terlihat di sejumlah TPS di kota Manokwari. Meski tak sampai mengantre, pemilih terus berdatangan ke TPS. Di TPS 16 dan 17 Amban, pemilih yang datang sudah mencapai 40 persen pada pukul 09.00 WIT.

Demikian juga di TPS 23 Sanggeng, dari 452 pemilih yang datang ke TPS sudah mencapai 200 orang. Simon Autururi (45), warga Swapen mengatakan merasa lebih antusias datang ke TPS untuk mencoblos, dari pada pencoblosan bulan Juli lalu.

Sebab, pada pemungutan suara empat bulan lalu, kondisi politik di Manokwari tidak aman dan banyak imbauan untuk tak memilih. Akibatnya, warga ragu-ragu mencoblos. Lagi pula, beberapa TPS di Distrik Sanggeng dan sekitarnya tidak dibuka karena alasan keamanan.

Melihat antusias dan keamanan yang ada sebelum dan saat pelaksanaan, Filep Wamafma yakin partisipasi pemilih pada pilkada ulang bisa mencapai 70 persen, atau jauh lebih besar dengan partisipasi sebelumnya yang hanya 51 persen dari jumlah DPT 629.023. Bahkan, partisipasi di Manokwari akan tinggi melampaui partisipasi waktu lalu hanya 15 persen dari DPT-nya 151.535 orang. 

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com