Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Kapuas Hulu Antisipasi Banjir Lebih Besar

Kompas.com - 07/11/2011, 12:44 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PUTUSSIBAU, KOMPAS.com Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menyiapkan berbagai keperluan darurat dan bantuan bahan makanan bagi masyarakat. Itu dilakukan untuk mengantisipasi keadaan jika sewaktu-waktu terjadi banjir yang lebih besar dibandingkan pekan lalu.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Agus Mulyana, Senin (7/11/2011), mengatakan, semua kebutuhan untuk tanggap darurat sudah disiapkan dan sewaktu-waktu bisa langsung didistribusikan kepada masyarakat kalau tiba-tiba ada banjir yang lebih besar," kata Agus.

Sabtu dan Minggu kemarin, sebagian wilayah Putussibau, ibu kota Kapuas Hulu, terendam banjir akibat meluapnya dua anak Sungai Kapuas. "Tahun lalu, banjir di Putussibau parah dan selama beberapa hari air menggenangi kota. Pesawat juga tidak bisa mendarat. Kami berharap tahun ini tidak terjadi lagi. Namun, seandainya terjadi, kami sudah mengantisipasinya," kata Agus.

Agus menjelaskan, banjir sering sekali terjadi di Putussibau. Pasalnya, wilayah itu sering mendapat limpahan air dari dua anak Sungai Kapuas saat terjadi hujan deras dalam beberapa hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com