Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lantamal Kerahkan Tim Bantu Korban Banjir

Kompas.com - 07/11/2011, 01:20 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Pangkalan Utama TNI-AL II (Lantamal) Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat mengerahkan Tim Satgas untuk membantu pencarian korban banjir yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan.

"Tim Satgas yang dikirimkan yakni dari Yonmarhanlan II, serta dari personil Lantamal II Teluk Bayur Padang," kata Danlantamal II Telu Bayur Padang, Brigjen TNI (Mar) Gatot Subroto, di Padang, Minggu (6/11/2011).

Menurutnya, Tim Satgas yang dikerahkan bantuan sebagai wujud sebagai kepedulian TNI AL (Lantamal II) terhadap kondisi masyarakat yang terkena musibah. "Selain kegiatan Operasi Milter, prajurit TNI-AL juga dituntut untuk saling membantu masyarakat yang tertimpa musibah," katanya.

Dia menambahkan, Tim Satgas yang dikerahkan tersebut atas perintah langsung dari Panglima Koarmabar untuk membantu korban banjir.

"Tim Satgas ini berangkat dari Markas Komando (Mako) Lantamal II Teluk Bayur menuju lokasi bencana dengan menempuh perjalanan sekitar empat jam," katanya.

Dia mengatakan, Tim Satgas tersebut membawa serta perahu karet, motor tempel, tanki untuk motor tempel, dayung, velgbed, pelampung dan kendaraan angkut (truk) serta obat obatan yang diperlukan untuk pertolongan dan evakuasi korban bajir dan tanah longsor.

"Sebelum melakukan pencarian korban banjir, Tim Satgas koordinasi dengan Bupati Pesisir Selatan," katanya.

Menurutnya, Tim Satgas dibawah guyuran hujan melakukan pencarian korban banjir yang berada di pinggir laut sekarang ini mengalami pasang naik. "Tim Satgas dengan menggunakan perahu karet mengalami kesulitan dalam melakukan pencarian korban banjir," katanya.

Dia menambahkan, banyak puing-puing bawaan banjir sehingga sangat mengganggu proses evakuasi dengan menggunakan perahu karet. "Tim Satgas sangat berhati-hati dalam pencarian korban banjir, sekarang ini air laut mengalami pasang naik, apalgi puing-puing bangun dihanyutkan air," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com