Wukuf Hari Ini - Kompas.com

Wukuf Hari Ini

Kompas.com - 05/11/2011, 05:14 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com -  Jemaah haji dari berbagai belahan dunia sudah berada di Padang Arafah, termasuk jemaah dari Indonesia, Jumat (4/11/2011). Seluruh jemaah bermalam di tenda-tenda yang disediakan di Padang Arafah.

Jemaah berada di Padang Arafah untuk melaksanakan kegiatan wukuf yang dilaksanakan hari Sabtu ini. Wartawan Kompas Tjahja Gunawan Diredja melaporkan, Jumat siang, jemaah diangkut dari setiap pemondokan haji (maktab) menggunakan bus.

Ketika menjelaskan perkembangan ibadah haji, Wakil Koordinator Seksi Penerangan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kementerian Agama Zulkifli di Jakarta, kemarin, mengatakan, seluruh jemaah haji, termasuk yang sakit, akan diberangkatkan ke Arafah karena wukuf merupakan rukun ibadah haji yang tidak bisa ditinggalkan. Jemaah yang sakit akan menjalankan wukuf safar, yaitu sambil berbaring di dalam ambulans atau mobil yang diparkir di kawasan Arafah.

”Petugas haji berusaha untuk tidak melewatkan satu pun anggota jemaah agar mereka bisa ikut wukuf, termasuk yang sakit. Kami tidak ingin ada jemaah yang tertinggal sehingga tidak bisa mengikuti wukuf,” tuturnya.

Menurut catatan sementara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji, jumlah jemaah yang sakit ringan dan dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia mencapai 94 orang. Sementara jemaah yang sakit cukup parah dan dirawat di rumah sakit di Arab Saudi berjumlah 43 orang. Namun, jumlah jemaah yang mengikuti wukuf safar itu bisa berubah ketika sebagian ada yang sembuh atau justru ada yang meninggal akibat sakitnya memburuk.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Kementerian Agama, jemaah haji Indonesia di Mekkah saat ini mencapai 222.560 orang. Sebanyak 202.343 orang di antaranya merupakan jemaah haji reguler, sementara 20.217 orang merupakan haji khusus atau ONH plus. (IAM)

 


EditorErlangga Djumena

Close Ads X